KitKat Case Study
Hai kawan, hari ini aku mau membahas salah satu case study yang menarik nih. Sebelum kita bahas yuk lihat dulu video diatas.
Bisa kita lihat bahwa penjualan suatu produk makanan ringan di pasar Jepang sangat ketat, untuk mendapatkan produk kita di rak toko tidak mudah. Karena banyaknya produk makanan ringan lain yang ingin masuk dan banyak yang tidak dapat bertahan. Mungkin salah satu alasan mengapa penjualan makanan ringan disana susah bertahan karena Jepang memiliki aturan tidak boleh memiliki berat badan berlebihan atau yang disebut “The Metabolaw” mungkin dari situ masyarakatnya jarang membeli makanan ringan dan lebih memilih makanan alami/mentah. Dari situ KitKat sadar bahwa bukan persaingan di rak yang penting, namun konsumennya sendiri yang harus kita tarik untuk terus membeli produk kita. KitKat mencari cara agar produknya tidak tergeser oleh produk lain dengan cara menciptakan cara baru untuk menikmati KitKat. KitKat sendiri dijepang disebut Kitto Katsu atau yang bermakna “Surely Wins”. Di Jepang sendiri makna Surely Wins adalah tekanan yang cukup berat terutama untuk di sekolah. Maka dari itu setiap musim semi biasanya warga Jepang mengirim surat/pesan yang berisikan ucapan semoga berhasil di ujian sekolah untuk sang anak atau kerabat. Jepang memang masih sangat menghargai tradisi menulis sampai saat ini. Jadi tidak heran mereka masih suka membaca buku dan menulis surat atau hal-hal penting lainnya, bahkan warga Jepang masih banyak yang pergi ke kantor pos setiap harinya. Sadar akan hal itu KitKat bekerjasama dengan kantor pos untuk mempromosikan semacam kartu ucapan/surat Kitto Katsu atau bisa disebut “KitKat Mail” desain bungkusnya menggunakan elemen bunga sakura, karena memang “KitKat Mail” sendiri keluar pada musim semi selain itu sakura memang salah satu lambang negara Jepang. Melalui bungkus KitKat kita dapat menulis dan menjadikannya kartu ucapan yang didalamnya berisi KitKat, dan mengirimnya ke orang yang ingin kita tuju melalui kantor pos. Kantor pos di Jepang juga memperbolehkan KitKat membuat display “KitKat Mail” di dalam kantor pos. Kampanye “Kitkat Mail” ini sangat sukses di Jepang, walau tanpa adanya iklan besar-besaran “KitKat Mail” sudah banyak terjual karena warga Jepang sendiri sudah banyak yang mempublikasikan “KitKat Mail” dimanapun, secara tidak langsung KitKat mendapatkan promosi secara gratis. Ketika masa ujian sudah selesaipun “KitKat Mail” masih diminati untuk mengucapkan selamat dalam momen tertentu, seperti “goodluck job hunting” dan lainnya. KitKat yang tadinya hanya dianggap chocolate bar sekarang identik dengan keberuntungan “goodfortune” dan orang Jepang sendiri masih sangat menghargai keberuntungan.
Sebenarnya dapat kita lihat “KitKat Mail” sedikit menyerupai campaign CocaCola Share a Coke dengan mempelajari apa kendala yang produk itu alami di wilayah tersebut. Dan membuat ide menarik tanpa menggunakan iklan besar-besaran, yang akhirnya ide menarik itu secara tidak langsung mendapatkan promosi gratis melalui sang konsumen.
Comments
Post a Comment